Upaya Hukum Jika Rencana Nikah Tidak Direstui Ortu

PERTANYAAN:

Saya ingin menanyakan. Saya ingin menikah dengan pacar saya tapi tidak direstui. Alasannya karena keluarganya tidak mampu dan kerjaan pacar saya hanya usaha clothingan baju.

Saat itu saya kabur dan memilih tinggal di rumah pacar saya. Orang tua pacar saya sudah menyuruh saya pulang tapi saya tetap tidak mau. Sampai akhirnya tetangga rumah pacar saya menanyakan siapa saya. Saya mnyuruh orang tua pacar saya bilang kalau saya sudah menikah dengan anaknya. Tapi orang tua saya tidak terima dan melaporkan saya, pacar saya dan keluarganya ke jalur hukum dengan aduan pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenakan. Saya juga telah dua kali menjadi korban pemukulan ayah saya. Saya hanya ingin menikah.

Apa yang harus saya lakukan? Mohon solusinya.

Diajukan oleh: Iintoha.

JAWABAN:

Saudari Iin Yth,

Sebelumnya saya turut prihatin dengan keadaan Saudari iintoha. Alangkah baiknya saudari terlebih dahulu menempuh upaya mediasi dengan mencari saudara kerabat yang dapat menjadi mediator yang diperhitungkan oleh keluarga saudari. Sehingga keluarga saudari terutama ayah mau mendengarkan saudara kerabat tersebut.

Jika jalur mediasi/berdamai tidak bisa, saudari terpaksa harus menempuh cara hukum. Tidak bermaksud untuk mengadu domba, namun ini adalah cara yang mungkin dapat membuat orang tua Saudari berfikir ulang untuk meneruskan laporannya. Dengan saudari pernah dipukul dua kali, maka saudari juga dapat melaporkan ayah saudari dengan tuduhan KDRT, dengan catatan saudari punya visum et repertum dari dokter sebagai alat bukti permulaan dari rumah sakit pemerintah dan saksi sebagai alat bukti pelengkap.

Dengan begitu, ayah saudari akan berfikir ulang untuk meneruskan aduannya. Karena ketiga jenis delik tersebut (KDRT, pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan) adalah delik aduan yang akan selesai jika pelapornya mencabut laporannya.

Mengenai keinginan saudari menikah, sebenarnya saudari iintoha dan calon suami dapat saja menikah secara legal, tanpa harus bermain kucing-kucingan seperti itu (backstreet) apalagi membohongi masyarakat.

Di Peradilan Agama, ada satu jenis perkara gugatan yang bisa digunakan untuk melegalkan pernikahan yang tidak disetujui oleh orang tua. Adalah gugatan perkara wali adlal <baca: wali adhol> (wali nikah yang menolak untuk menikahkan) upaya hukum bagi para calon mempelai yang tidak bisa menikah karena tidak merestui oleh orang tua atau wali calon mempelai perempuan. Dalam pasal 23 Kompilasi Hukum Islam disebutkan:

  1. Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib atau adlal atau enggan.
  2. Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan pengadilan Agama tentang wali tersebut.

Setelah ada penetapan bahwa wali nikah Saudari adalah adlal (jika dikabulkan oleh majelis hakim) maka yang akan menikahkan adalah petugas KUA sebagai wali hakim (wali nikah yang ditunjuk oleh pemerintah dalam hal ini Menteri Agama, jika tidak ada wali bagi calon mempelai perempuan). Semoga membantu.

Warm Regards,

Admin.

One comment to “Upaya Hukum Jika Rencana Nikah Tidak Direstui Ortu”
  1. Ass bpk/ibuk,saya disini ingin bertanya,kakak saya seorang janda menikh dengan duda,pada saat pernikahan mareka yang ke 3 tahun,kakak saya meminjam uang untuk keperluan anak nya sekolah dan kuliah di bank,dan pada saat peminjaman tersebut kakak saya tidak bilang dahulu kepada suaminya kalau dia minjan uang di bank,karena tidak bakal dikasi,pada saat peninjaman pihak bank meminta ktp suami kakak saya,dan kakak saya memalsukan tanda tangan suaminya karena sudah tau bakal tidak dikasi untuk meninjam,kakak saya seorang PNS,dia menjamin kan SK nya di bank tersebut untuk meminjam uang sebesar 90 juta,dan suaminya tau dan langsung marah dan ingin menuntut atas pemalsuan tanda tangan,bagai mana dengan kasus ini,apakah kakak saya bisa dipidana? Biaya pembayaran pinjaman di bank itu dibayar lewat potongan gaji bulanan kakak saya,sekian mohon dijawab pak/ibuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.