Prosedur Perubahan Nama Akte, Ijazah dan KTP

PERTANYAAN:

Sore, Mohon bantuannya.

Saya mempunyai nama berbeda di Akte, Ijazah dan KTP. Nama pada:

  • Akte: ‘Afifah Nashihah Zulfallah;
  • KTP: Afifah Nashihah Zulfallah;
  • Ijazah dari SD sampai dengan Kuliah: Afifah Nashihah.

Langkah apa yang harus saya lakukan agar nama saya sama semua dan benar.

Terima Kasih.

Diajukan oleh:  Afifah Nashihah.

JAWABAN:

Saudari Afifah Nashihah Yth,

Untuk merubah nama pada akta kelahiran, kita bisa mengacu pada Peraturan Presiden nomor 25 tahun 2008 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil:

Pasal 93

  1. Pencatatan pelaporan perubahan nama dilakukan pada Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana yang menerbitkan Akta Pencatatan Sipil.
  2. Pencatatan perubahan nama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan memenuhi syarat berupa:
    a). Salinan penetapan Pengadilan Negeri tentang perubahan nama;
    b). Kutipan Akta Catatan Sipil;
    c). Kutipan Akta Perkawinan bagi yang sudah kawin;
    d). Fotokopi KK;
    e). Fotokopi KTP.

Jika Saudari Afifah tidak mempersoalkan mana nama yang harus dipilih sebagaimana Saudari tidak mempermasalahkan kesalahan nama pada saat pembuatan ijazah, maka menurut hemat kami — tanpa mengurangi rasa hormat pada orang tua Saudari yang telah memberi nama tersebut — Saudari mengubah nama sesuai dengan nama yang ada pada ijazah, yaitu Afifah Nashihah dengan mengajukan permohonan perubahan biodata di Pengadilan Negeri.

Berdasarkan penetapan Pengadilan Negeri tersebut, Saudari bisa memohon kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) agar nama pada Akta Kelahiran, KK dan KTP dirubah menjadi Afifah Nashihah (sesuai dengan penetapan Pengadilan). Sehingga Akta Kelahiran, KTP, KK dan Ijazah dari SD sampai dengan Kuliah sama semua, tanpa harus melampirkan penetapan Pengadilan setiap kali Saudari menggunakan ijazah.

Demikian jawaban kami, semoga dapat menjadi solusi bagi Saudari Afifah Nashihah.

Warm Regards,

Admin.

124 comments to “Prosedur Perubahan Nama Akte, Ijazah dan KTP”
  1. Mhn petunjuk klau nama berbeda dalam ijasah dan biodata ktp dan dikartu nikah berbeda saya harus konsultasi kemana yang sekiranya bisa memberikan petunjuk kepada saya, terimakasih

  2. Selamat siang… Saya mau bertanya. Jika nama orangtua saya di kk adl “fajar triyono”, di akte kelahiran saya “triyono” dan yg tercantum di ijazah saya sd,smp,sma, adl “triyono”. Itu bagaimana mengurusnya? Sedangkan ayah saya sudah membuat e-ktp dg nama aslinya “fajar triyono”… Krna saat ini sya mau masuk polri. Itu nantinya pasti akan dipermasalahkan. Mohon bantuan infonya.terimakasih…

  3. pada saat pengurusan perubahan nama di dinas kependudukan apakah salinan putusan pengadilan yang menjadi persyaratan yang asli kita serahkan ke petugas dukcapil atau cukup photo copynya saja, terima kasih.

  4. selamat pagi,
    mohon bantuannya.
    saya memiliki masalah perbedaan penulisan identitas nama saya antara ijazah,kk,ktp,dan akta.. berikut juga tanggal lahir saya
    berikut identitas nya :

    ijazah
    Nama : Muhamat Saiful Amin
    ttl : Wono Sekar, 16 November 1994

    akta
    Nama : M. SAEFUL AMIN
    ttl : Demak, 15 November 1994

    ktp
    Nama : M. SAEFUL AMIN
    ttl : Demak, 15 November 1994

    kk
    Nama : MUHAMAT SAEFUL AMIN
    ttl : Demak, 15 November 1994

    semua penulisan data diatas yang sesungguhnya tidak ada yang benar,, yang benar adalah
    Nama : MUHAMMAD SAIFUL AMIN
    ttl : SEMARANG, 15 November 1994

    hal tersebut dikarenakan salah penulisan dari saya waktu masih SD sampai sekarang.

    mohon bantuannya saudara” agar saya bisa memiliki data yang benar. agar kedepannya saya mudah untuk mendapatkan pekerjaan

    terima kasih

  5. mohon petunjuk, jika nama pada ijasah SMA dan Perguruan tinggi. berbeda dengan di akte ijazah SD ,SMp,KTP dan KK bagaimana prosedurnya agar nama yg di ijazah SMA dan Pt ingin di sesuaika dengan Akte.terima kasih

  6. bangai mna kalau seperti ini
    diakte : Fitriani Ramadhanti
    di kk : Fitriani Ramadhanti
    di izasah sd – sma : Fitri Ani Ramadhanti
    berbeda dengan kk dan akte, sayang ingin menbuat ktp ,, apa yang harus sayalakukan dengan nam yang berbeda ?

  7. bagaimana jika perubahan tahun lahir pada ijazah berdasarkan akte kelahiran yang tahun pengeluaran aktenya dikeluarkan pada tahun 2015 atau setelah semua ijazah dari SD sampai SMA sudah keluar

  8. Selamat Malam..
    Saya mau tanya.
    Begini nama asli saya di akte,kk,ktp adl MUCHAMAD AMIRUL FAHMI
    Tetapi di ijazah saya SD-SMA adl MUCH. AMIRUL FAHMI
    lalu bagimana sebaiknya yg saya lakukan. Agar kedepannya tdk sulit. Terima kasih. Mohon sarannya.

  9. bagaimana dengan nama adik saya
    awal buat KTP tinngal dengan saudara ibu saya yang didata nama pangilan …yaitu Erna suleman jadi KTP erna suleman terus menikah ambil data yang ada di kartu keluarga ibu saya yaitu Zenab Arcon Suleman…dan ada beberapa dokumen penting yaitu sertifikat an erna suleman… disini banyak perbedaan 1.nama 2.tanggal lahir dan Nik.KTP apa selusinya?

  10. Saya mau tanya perbedaan tahun lahir pada ijazah.
    Kondisi:
    1. Ijazah SD, SMP dan SMA tahun1977
    2. Ijazah S1 tahun1981
    3. Semua dokumen lain( KTP, akte, kk, sertifikat rumah, dll) saya menggunakan data mengikuti tahun lahir pada ijazah terakhir (S1=1981)

    Harapan saya:

    4. Saya berencana hendak mengurus surat keterangan perbaikan tahun lahir ijazah SD, SMP dan SMA untuk disesuaikan dengan Ijazah S1.
    Kenapa? Karena semua dokumen dan data-data penting saya telah mengikuti tahun lulus pada ijazah S1.

    Pertanyaan saya:
    5. Jika point no.4 diatas bisa diwujudkan, maka kondisi saya akan menjadi seperti ini:
    a. Umur saya ketika
    lulus SD = 9 tahun,
    lulus SMP = 12 tahun, dan
    lulus SMA = 15 tahun.

    6. apakah umur tahun lulus sekolah akan menjadi masalah?

    7. Bagaimana agar masalah saya ini teratasi??

    Mohon pencerahannya pak,
    Terima kasih.

  11. Saya mau tanya perbedaan tahun lahir pada ijazah.
    Kondisi:
    1. Ijazah SD, SMP dan SMA tahun1977
    2. Ijazah S1 tahun1981
    3. Semua dokumen lain( KTP, akte, kk, sertifikat rumah, dll) saya menggunakan data mengikuti tahun lahir pada ijazah terakhir (S1=1981)

    Harapan saya:

    4. Saya berencana hendak mengurus surat keterangan perbaikan tahun lahir ijazah SD, SMP dan SMA untuk disesuaikan dengan Ijazah S1.
    Kenapa? Karena semua dokumen dan data-data penting saya telah mengikuti tahun lulus pada ijazah S1.

    Pertanyaan saya:
    5. Jika point no.4 diatas bisa diwujudkan, maka kondisi saya akan menjadi seperti ini:
    a. Umur saya ketika
    lulus SD = 9 tahun,
    lulus SMP = 12 tahun, dan
    lulus SMA = 15 tahun.

    6. apakah umur tahun lahir sekolah akan menjadi masalah?

    7. Bagaimana agar masalah saya ini teratasi??

    Mohon pencerahannya pak,
    Terima kasih.

  12. Selmat siang,saya mau menanyakan soal akte ank saya,saya ingin berubah nm ayah yang tercantum diakte ank saya dgn nama suami saya yang sekarang,karena suami saya tdk ingin ada nm mntan suami saya diakte ank saya..bagaimanakah cara nya agar saya bisa merubah nama ayah diakte anak saya itu?terima kasih

  13. Selamat sore ….

    Mohon bantuannya.
    Saya memikiki masalah perbedaan tempat dan tahun lahir saya di KTP, KK, AKTA dan IJAZAH….

    bagaimana ya pak/buk, solusinya?

    Terimakasih

  14. selamat pagi pagi saya mau tanya bagaimana prosedur memgganti nama di ijazah SD sm SMP sedangkan akte lahir saya baru buat tahun 2015 mohon solusinya .sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  15. Selamat pagi, mohon bantuannya.
    Ada perbedaan nama ayah saya di akta da ijazah.
    Akta : Nana
    Ijazah sd : Nana
    Ijazah smp: Nana L
    Ijazah sma: Nana Lukmana
    Mohon sarannya. Terima kasih.

  16. Mohon petunjuk…nama ibu saya di akta kelahiran adalah ngit cuan.. tetapi di ktp dan di kk menjadi sumanti.. hal ini dulu dikarenakan rt tepat tinggal saya menyarankan menggunakan nama indonesia.. akhirnya hal ini berlanjut sampai sekarang telah diterbitkan e ktp.. hal ini akhirnya menjadi kendala saat adim laki2 saya akan membuat akta nikah.. pihak catatan sipil tidak mau memproses nya..
    Mohon bantuannya langkah apa yg harus sy tempuh.. apakah saya bisa merubah ktp ibu saya sesuai akta kelahiran..
    Terima kasih sebelumnya atas bantuan nya

  17. bgaimn merubah nama ibu saya sesuai dengan akte lahir saya,klo harus sidang apa saja persyaratan sidang,,,soalnya saya menikah dengan orang luar Negri jd data saya sudah masuk ke kedutaan negara tersebut,mohon solusinya

  18. Ketika saya Ingin membuat KTP saya harus ke sudin dahulu karena nama saya di Kartu Keluarga (Safitri Nur Innayah) dan Akta Kelahiran (Safitri Nur Inayah) hanya berbeda 1 digit, Ijazah SD, SMP sesuai dgn nama di Akta. Mohon bantuannya

  19. selamat siang ,, mohon bantuannya
    begini bagaimana caranya mengubah nama ayah saya
    Ijazah SD SMP Rikin sedangkan di kk akte bernama RUkin dan haraapan saya ijazah SMA nama ayah Rukin bagaimana solusinya ?? jika lewat sidang apa prosedurnya ?? mohon bantuannya Terima kasih

  20. saya mau bertanya.. mengnai pernyataan diatas, kebetul ijazah sma saya dengan ktp, kk, dan akte saya tidak sama tahun lahirnya. bagai mana yah cara memperbaikinya

  21. Selamat sore. Saya ingin bertanya :
    jika nama ibu saya pada KK ‘ irna sri mulyawati ”
    di akte kelahiran beliau ” irna sri mulyawati ”
    di akte kelahiran saya ” sri mulyawati”
    di ijasah saya SD – SMA ” mulyawati ”
    pada Akte Cerai ibu saya ” Mulyawati ” ( kedua orang tua saya cerai ) dan saya tinggal dengan ibu..
    dan untuk kasus saya bagaimana dan kemana mengurus nya ? mohon pencerahannya..

    Terima kasih

  22. Saya mau tanya ge mana cara mengubah tahun lahir di ijazah. Karena tahun lahir sama akte kelahiran saya berbeda ,di akte saya lahi tahun 1998

  23. Saya mau menanyakan jika di akte tanpa nama babtis , kemudian KK dan KTP ada tambahan nam babtis nya , saya harus merubah nya kemana ?

  24. Masalah saya mau buat e ktp tapi nama beda di paspor kasman tapi di buku nikah ahmad tapi ektp ku ahmad masalah ga yah

  25. Selamat pagi, mau tanya. Saya punya perbedaan tempat tgl lahir. Sebenernya saya tempat tgl lahir di denpasar. Di ijazah denpasar. Tapi Di ktp banyuwangi. Di kartu keluarga juga banyuwangi.
    Sedangkan saya belum punya akte kelahiran. Saya lahir tahun 1993. Lahir di bidan denpasar dan akte dari bidan hilang ketika ada bom bali.
    Mohon bantuannya. Gimana caranya mengubah kk dan ktp. Dan mau buat akte juga.
    Terimakasih

  26. saya mau bertanya, dari akta kelahiran saya sampai ijazah terakhir SMA nama bapak saya adalah Suhat, akan tetapi nama bapak di KK dan KTP adalah Suhadi, pertanyaannya bagaimana saya menyamakan nama bapak di akta kelahiran saya dan di ijazah dari SD-SMA?
    mohon dijawab

  27. selamat pagi,
    Mohon Bantuannya
    Dari pertanyan yang di ajukan Afifah Nashihah di atas itu sama dengan permasalah saya, Dan dari jawaban tersebut misal saya ambil nama dari yng di berikan dari orang tua, apabila saya sudah mengajukan surat keputusan dari pengadilan negeri dan mendapatkannya, Apakah surat Keputusan dari pengadilan itu bisa saya pakek untutk perubahan ijasah yang belum saya dapatkan ?
    Terimakasih Mohon tanggapannya

  28. Saya pensiunan. Berkenalan melalui internet dengan banyak tentara Amerika maupun Inggris yang bertugas di Afghanistan melawan teroris.
    Banyak di antara mereka yang tidak punya keluarga lagi oleh macam2 sebab. Mereka menawarkan saya kerja sama untuk investasi uang mereka di Indonesia dan saya akan mendapat 30% dari uang mereka yang akan dikirim mellui saluran diplomatik.
    Masalahnya, apakah saya melanggar hukum keuangan atau ekonomi atau sebagainya yang besifat pidana atau perdata ?
    Terima kasih atas bantuan sarannya.

  29. saya adalah penduduk yang memiliki dua NIK, dimana ditempat tinggal saya yang sekarang (sudah dapat KTP dan KK) tetapi belum terdaftar di DUKCAPIL. saya adalah pindahan dari daerah lain dengan NIK yang berbeda (sudah terdaftar di DUKCAPIL).
    Yang jadi pertanyaan saya adalah bagaimana merubah / mendaftarkan NIK yang baru ke DUKCAPIL dan menutup NIK yang lama ? mohon penjelasannya terimakasih.

  30. Mohon petunjuk nama di sd and smp lain dengan nama akte lahir kk dan ktp bagaimana saya merubah nya biar data saya benar?makasih infonya

  31. Slmt malm gan,,,!! Mhn bantuan nya. Sy punya mslh beda nama. Di ktp, kk, dan surat2 lain nama sy BAYU. MS, sdngkan di ijazah SD, SMP, SMU nama sy EMBAY (nama panggilan sehari2). Pertanyaan sy apakah nama sy di ijazah SD, SMP dan SMU (EMBAY) bisa di samakan dgn nama di ktp, kk dan surat2 lain nya menjadi (BAYU. MS)…..?? Trims….

  32. Selamat malam,
    Saya punya masalah kemarin,
    Jadi begini nama saya lukman di ijazah dan identitas lain nya betul ngk ad permasalahan tetapi yg bermasalah adalah punya ayah saya,
    Nama asli ayah saya:imam fadholi
    Dan di identitas lainnya benar ngk ada keliruan.
    Namun di ijazah sd & smp saya nama ayah saya jadi imam padholi.berhubung saya baru lulus sma saya bingung apakah ijazah sma mengikuti sd smp atau gimana?

  33. Saya mau buat
    ktp tp Trernyata Tanggal lahir yg di Kk ama ijasah beda tolong informasix bagaimana mengurus Dan Kira Kira bayarx berapa

  34. Maaf saya ingin bertanya,
    Jika di ijazah SD dan ijazah SMP nama orang tua saya “Achmad” tetapi di ijazah SMK dan Kartu Keluarga saya bernama “Ahmad”
    Itu di permasalahkan tidak yah???
    Tetapi nama saya di ijazah mana pun dan di Kartu Keluarga tetap “Nadilah”
    Itu dipermasalahkan tidak yah?? Mohon di jawab. Trmksh

  35. saya mau bertanya… ketika pengurusan akte kelahiran anak saya terjadi kesalahan tulis tangan yang mengakibatkan kesalahan pengetikan nama di akte kelahiran dan kk, yang seharusnya dzakiandra… di tulis zdakiandra.. kalau ingin menganti / mengoreksi bagaimana proses nya..? apakah perlu kepengadialan…?

  36. Selamat pagi…
    Sy mau bertanya ijazah SMA sy salah dgn tahun lahir krn surat lahir sy beda,jd apakah solusi yg terbaik buat sy…??
    Thanks

  37. saya lahir asli 17 nov 91
    tapi di akte 87
    trus ijasah smp 1989
    sma juga 1989
    apa ada solusinya?

  38. minimal berapa saksi yg harus di hadirkan di pengadilan negeri sehubungan dalam sidang perubahan nama di akte lahir

  39. Assalamualaikum wr.wb
    ASK?
    Gimana yah ijazah sd,smp dengan akte saya berbeda tanggal lahir tapi yang bener adalah akte dan saya ingin memperbaiki di ijazah nya gimana cara nya ya gan agar ijazah SMK saya sama dengan akte?
    Thank’s

  40. mohon bantuan,
    nama saya di ijazah SD – SMK adalah FRIDAYANTI dengan nama orang tua SUKIRMAN,, sedangkan di KK nama saya FRIDAY YANTI dan nma ortu LIRMAN,,

    saya berniat untuk menyamakan nama saya, langkah apa yg harus saya lakukan ??
    terima kasih

  41. pak sy mau tanya, kalau tanggal lahir dy di ijasah MTS salah sedangkan diijazah sd benar gmana cara memperbaikinya ya pak????

  42. mohon bantuanya saya memiliki masalah perubahan atas nama ganti nama dan saya diajukan oleh petugas kelurahan untuk ke sudin setelah kesudin saya harus ngurus apa lagi ya atau nungu apa lagi apa saya harus langsung ke kelurahan atau tidak?

  43. selamat malam..

    saya mau bertanya.. ada kesalahan tempat lahir pada ijazah dari TK sampai S1 seharusnya kab semarang (sesuai akte) menjadi semarang,, kalau misal akte mau ganti menjadi “semarang” otomatis harus merubah akte kelahiran biar menyesuaikan ijazah dari TK. karena kalau minta surat keterangan salah dari TK sampai S1 itu tsangat lama dan lebih panjang prosedurnya.
    lalu bagai mana ya prosedur ganti tempat lahir pada akte?
    terimakasih

  44. Mohon Pencerahannya Min…Tentang Tatacara Perubahan Ijazah,KK,KTP,AKTE Kelahiran

    AKTE
    Nama: Redita Candra Andriana
    TTL: 15 April 1992
    Ayah: Roy Tharry Heartanto

    KTP
    Nama: Redita Candra Andriana
    TTL: 15 April 1992

    KK
    Nama: Redita Candra Andriana
    TTL: 15 April 1992
    Ayah: Roy Tari Hertanto

    IJAZAH SD
    Nama: Redita Candra Andriana
    TTL: 15 April 1992
    Ayah: R. Tahry Heartanto

    IJAZAH SMP
    Nama: Redita Candra Andriana
    TTL: 15 April 1991
    Ayah: Roy Thari Herthanto

    IJAZAH SMA
    Nama: Redita Candra Andriana
    TTL: 15 April 1991
    Ayah: R. Tahry herthanto

    Ijah sama transkip nilai beda tanggal lahirnya tahun lahirnya berbeda ijazah 1991 Transkip 1992

    IJAZAH KULIAH
    Nama: Redita Candra Andriana
    TTL: 15 April 1991
    Nah min mintak pencerahanya???? Kemungkinan faktornya karna kesalahan penulisannya akibat tulis tangan ijazahnya Min …. Masalahnya Guru yang nulis kesalahna. Tanggal lahir udah tua min??? Jadi salah semuanya min smapi kuliah dan selesai kuliah. Mohon bantuannya min ??? Bisakah dirubah min identitas tersebut untuk ganti Tanggal lahirnya aja min, dan yang penting nomer ijazahnya kan ngk diganti min!!!! Gimana solusinya min.

  45. Mohon bantuan nya bagai mana cara membuat ktp dengan nama bapak yang berbeda di ijasah NUR sugimin dan di kk dan ktp,surat nikah masnur

  46. Seorang yg terlahir menjdi dewasa tanpa org tua,dan tidak memiliki akte lahir, kartu keluarga dan identitas,bisakah mempunyai atau membuat kk akte atau ktp,bagaimana caranya,dan kemana.Terimakasih utk penjelasannya.

  47. Mohon info harus bagaimana jika nama,tmpt,tgl lahir,bulan lahir,dan thn lahir itu beda di ijasah dan ktp,langkah apa yg harus di ambil,,??

  48. malam,,,saya mau tanya berkas saya di ktp ,kk,akte tahun lahir tidak sama dengan ijaza,saya ingin merubah tahun lahir saya menjadi sama dengan ijaza saya,,bagai mana cara nya dan saya harus konsul ke mana ya ,,mohon di jawab ,,trimakasih

  49. mohon petunjuknya min, jika semua identitas mulai dari ktp, kk, pasport dan laiinnya benar, tapi di ijazah terjadi kesalahan. perbedaannya antara “indah” dan “endah”. bagaimana caranya jika saya ingin mengubah nama d ijazah menjadi sama seperti di identitas lain? terima kasih

  50. mohon penjelasan nya,saya mau tanya kalau nama di akte saya sunirah,ijazah sunirah,dan ktp saya ira elzania z,apakah saya harus ikut sidang kalo nama saya mau balik lagi ke nama sunirah.trmksh

  51. SAYA MAU NXK NE GUYS, SY IJASAH SD ATAS NAMA SAMSUL ARIFIN TAPI KARENA NMA PANGGILAN SYA HAMSUL OLEH TETANNGA SY, AYA UBAH IJASAH SAYA YANG HURUF S SYA CORET DIGANTI H WAKTU ITU SY BLUM TAU APA2, TERUS SEKARANG IJASAH SMP SMPEK S1 JADI ZAMSUL ARIFIN TERUS GMN CRA MERUBAHX SY INGIN MENGUBAH NMA SYA SPRT SEMULA BMN CARAX?

  52. Mhn bantuannya,

    1) di ijazah SD SMP nama saya:ANWAR GULO

    di KK:garosokhi gulo

    2)nama ayah saya d’ijazah : suka hati
    di kk: todoaro gulo

  53. Mohon bantuanny..saya punya masalah perbedaan nama di akta ijasah ktp kk dan buku nikah..
    Akta dan ijasah dengan nama Nur inayah,sedangkan ktp kk n buku nikah dengan nama nayla nur inayah..itu gimana ya solusinya..soalny say mau bikin pasport..n takutny ada masalah di kemudian hari..minta bantuanny jika ada yg tau..

  54. Mohon bantuan dari pertanyaan saya ini..
    saya mempunyai nama dan bulan lahir berbeda dari akte dan ijazah..
    Akte : RENA
    tanggal lahir 071284
    ijazah :RENNA
    tanggal lahir 070384

    yg benar itu di akte dan KK,
    bagaimana dan harus kemana saya agar dpt memperbaiki kesalahan nama dan bulan lahir saya yg terdapat di Ijazah?
    Mohon bantuannya

  55. assalamu’alaikum ..saya mau bertanya…bila nama akte,ijazah sd dan smp sama tapi sma berbeda jika membuat ktp harus mengikuti nama yang mana??mohon bantuan nya..terimakasih..

  56. assalammualaikum pak mohon bantuannya,
    pak saya sudah ganti nama di akte kelahiran,kk,ktp dari M.ACHIAR SYAH,menjadi MUHAMMAD ACHIAR SYAH.melalui penetapan pengadilan karena nama saya yang M.ACHIAR SYAH ditolak pihak imigrasi karena tidak bisa dibaca M.nya itu pak setelah diverifikasi oleh pihak imigrasi tapi setelah saya urus baru saya ingat bahwa nama di IJAZAH saya dari SD-D3 namanya M.ACHIAR SYAH kemudian saya kasihberpikir apakah nama saya yang telah diubah di pengadilan bisa diubah kembali menjadi M.ACHIAR SYAH pak.mohon balasannya pak.saya ucapkan terima kasih

  57. Selamat malam, mohon bantuanya saya mau tanya bagaimana caranya saya mau mengubah / larat ijazah saya hanya tahun lahir nya yang brbeda dngan ktp akte kk saya mau merubah nya sama dngn ktp kk akte saya ingin memprbaikinya jika lewat sidang apa prosedur nya .mohon bantuanya terima kasih

  58. Mohon bantuannya, nama ortu saya di kartu keluarga dan ktp ayah ibu berbeda dengan ijazah dan akte yang saya punya? Karena dulu ibu dan ayah saya ganti nama, sedangkan ijazah sekolah nama orang tua nya yang dulu, jd bagaimana solusinya agar nama orangtua sama antara akte saya, ijazah sekolah, kartu keluarga dan ktp ayah ibu?

  59. 20 april 1995 sy mengganti nama dan oleh pengadilan ditambahkan marga ibu yaitu KHOU.
    Penggunaan marga ibu krn waktu itu ortu blm ada akta nikah

    26 april 1995 oleh pengadilan dilakukan pengesahan sy sbg anak dari perkawinan yg sah, dimana marga bp sy adalah LIM.

    Semua ijazah, ktp nama sy memakai KHOU semua kecuali akta nikah saya, oleh catatan sipil dibuat LIM.

    Apakah dg penetapan sbg anak yg sah waktu tgl 26 Aprill 1995 bisa merubah nama yg sudah ditetapkan oleh pengadilan? Mohon dibantu dari aturan hukum apa yg harus dilakukan krn sy sudah mengajukan koreksi ke catatan sipil tapi mereka masih mau mempelajarinya

  60. Ass.wr.wb

    Saya mau konsultasi pak/bu. Jadi saya punya ijazah,kk dan akte yg berbda

    Diakte/surat keterangan lahir dan KK saya nama saya ” Ade Muhammad Jalil ”
    Tapi di Ijazah MI& MTs nama saya ” Ade Muhamad Dzalil ”

    Sekarang saya kelas XII SMK, saya ingin agar nama saya diijazah nanti bisa berupa nama saya yang sebenarnya ” Ade Muhammad Jalil ” , Pihaj sekolah bilang mereka bisa aja ngubah nama saya, cuma ga gitu aja, disamping itudia bilang kalo ijazah SMK nanti berbeda dengan ijazah MI&MTs akan sulit untuk jadi PNS, Tapi dia juga menyarankan saya untuk dateng ke MI&MTs saya untuk minta surat pernyataan bahwa nama saya salah,, Bagaimana pak/bu untuk sarannya. Karna saya tidak mau kedepannya saya hidup dengan nama bukan nama saya 🙂 terimakasih

  61. NAMA anak usia 3 tahun DI KK DAN AKTE BERBEDA
    KK RASTY FARIANA GALUH ISTIQOMAH
    AKTE RASTY FARIANA GALUH ISTIQQOMAH
    AKTE SEKARANG HILANG DAN MAU BUAT LAGI SEDANGKAN FOTO COPY JUGA TIDAK ADA.
    BAGAIMANA?SEBAB MAU MEMBUATYA LAGI PERLU KK.
    jawah ke email fitrijungle@ymail.com 081367471722

  62. NAMA anak usia 3 tahun DI KK DAN AKTE BERBEDA
    KK RASTY FARIANA GALUH ISTIQOMAH
    AKTE RASTY FARIANA GALUH ISTIQQOMAH
    AKTE SEKARANG HILANG DAN MAU BUAT LAGI SEDANGKAN FOTO COPY JUGA TIDAK ADA.
    BAGAIMANA?SEBAB MAU MEMBUATYA LAGI PERLU KK.
    jawah ke email fitrijungle@ymail.com 081367471722.

  63. Nama saya fikri piyandi di akte kelahiran , dan ijazah sd tahun klahiran 1994
    Ketika saya duduk di bangku smp nama dan tahun kelahiran saya berubah jadi fikri fiyandi thn 1995 .
    Itu krna saya waktu un salah ngisi identitas akhirnya sampe sma nama dn thn kelahiran sy tetep fikri fiyandi 1995 . dan di ktp juga sama . pertanyaan saya sekarang saya mau melamar kerja dan syaratnya hrs ada
    SKCK . smntra salah satu syarat pmbuatan SKCK hrs ada akte dan ktp yg singkron . smentra data saya tdk singkron antara akte dan ktp . tolong bantuannya

  64. mohon izin saya ingin bertanya. Beberapa bulan lalu saya mengganti nama resmi di pengadilan. Setelah ganti nama saya bingung krn identitas seperti ktp kk dan akta sudah diperbaharui (pake nama yg baru), namun ijazah tdk bs diperbaharui. Saya khawatir sekali ketika ingin melamar pekerjaan, perusahaan meragukan ijazah saya yg tdk sesuai dgn identitas. Saya memang sudah mendapat surat dr pihak universitas sebagai bukti bhw saya pemilik ijazah yg sah, namun apakah itu bs cukup meyakinkan? Dan bagaimana cara saya membuat curiculum viatenya? Apa saya perlu jelaskan disitu bhw saya ganti nama? Jika iya, bagaimana baiknya cv yg saya buat itu supaya terlihat bagus? Terima kasih sebelumnya

  65. Saya mau bertanya….rencananya insaAllah sy akan berangkat ke tanah suci tahun ini tetapi aada masalah. Di data siskohat haji nama ayah ssaya tertulis salah tdk sm dg semua dt yg sy ppunya (akta, kk,ktp, ijazah, paspor)..yg sy mau ty_bgm cr memperbaikinya. Sbb sy takut nnt akan ada kendala saat keberangkatsn

  66. Mohon maaf petunjuk untuk kasus saudara saya ini
    Dia seorang IRT nama pada E-KTP dan KK(SAROH) namun di buku nikah nya MAESAROH saat ia akan mengurus akta kelahiran anak ke-2nya berkas2nya ditolak karena nama di KTP,KK berbeda dengan Nama di buku nikahnya,dan untuk akta kelahiran anaknya yang pertama nama ibu MAESAROH jika ia ingin mengubah nama dari SAROH menjadi MAESAROH tahapannya bagaimana sedangkan akte lahir,ijazah juga tidak punya karena SD jg tdk tamat.terimakasih

  67. mau nanya nih,gman ya KLO mau merubah tgl lahir akte,soal nya dulu BPK saya waktu ngurusnya itu pke KK yg lama sedangkan KK yg lama banyak kelirunya.sdangkan permasalahan nya ijazah SD,SMP,SMA saya sudah d sama kan Ama KK yg baru…

  68. Assalamualaikum Wr Wb
    Saya ingin bertanya.
    nama di akta kelahiran : Nadila Savitri. S
    nama di KK dan KTP : Nadila Savitri S.
    nama di ijazah : Nadila Savitri. S
    apakah ada pengaruhnya bila terdapat perbedaan letak tanda titik tersebut?

  69. Gini,nama saya nada hanifah saya bingung jika tahun kelahiran saya di ijazah dan akte kelahiran taun 2000 padahal saya Lahir pada tahun 1998 dan saat ini saya akan membuat e ktp bisakah tahun Kelahiran saya di ganti dengan yang asli

  70. selamat siang…mohon bantuannya,untuk kasus saya nama di Ktp,Kk,ijasah semua sama tp nama di akta beda…itu yang perlu saya rubah data di apa ya?kalo akta yg perlu saya rubah apakah prosesnya lama?terimakasih

  71. Mohon bantuannya, jika ingin mengganti nama pada ijazah, katanya harus mendatangi sekolah yang bersangkutan “dengan kata lain, tempat dimana dulu kita sekolah” untuk meminta surat keterangan yang nanti akan di ajukan ke dinas pendidikan.
    Lalu di dinas pendidikan nanti prosesnya seperti apa? Apakah ada dokumen lain yang harus di bawah atau di butuhkan?

  72. Selamat siang,mohon bantuannya

    saya mempunyai nama di akte lahir,surat nikah dgn nama Leeni herawati sedangkan di ijazah,kk ,ktp dgn nama Lenni Herawati sedangkan saya mau buat pasport sm visa nanti bermasalah tidak ya gan?
    mana yang harus saya rubah akte lahir sm akte nikah apa ijazah,kk sm ktp sedangkan ktp saya sdh e ktp jadi bgn ya gan solusinya?
    saya mohon tolong di kasih solusinya,terima kasih.

  73. Selamat malam pak/bu
    Saya mau bertanya
    Nama saya muhamad yudi rahman tahun kelahiran 1997 . Saya berumur 20tahun . Pendidikan terakhir smk
    Nah yg ingin saya tanyakan adalah cara merubah tahun kelahiran saya yg dimana data saya sudah tertera diktp.kk.ijazah tahun lahir 1997 . Karna menurut perundingan keluarga saya dilahirkan tahun 1993
    Kendalanya adalah saya tidak mempunyai akta kelahiran sebab saya lahir dibidan (dukun) ???
    Memang sudah sangat terlambat sekali . Tapi apakah masih ada kemungkinan pergantian data nya ?

    Terimakasih pak/bu

  74. Sore Bapak/Ibu,saya mau perubahan nama di akte pernikahan,awalnya saya nikah di riau,sekarang saya tinggal di kepri riau,bagaimana solusi nya?saya sudah melakukan sidang perubahan nama di pengadilan

  75. Saya mempunyai masalah bahwa nama di ijazah Sd-Sma saya namanya sama yaitu verra sisca yanthi. Namun di ijazah S1 saya namanya adalah vera sisca yanthi, ada kesalahan hanya satu huruf. Selain itu, akte-ktp-kk saya namanya vera siska yanti. Apa yang harus saya lakukan? Mohon sekali petunjuknya

  76. Selamat Malam Pak,
    Saya Mau nanya problem saudara saya,,

    Untuk penulisan Nama dan Tanggal Lahir di KTP dan Akte sama, tetapi di ijazah SD, SMP, dan SMK itu berbeda Pak…

    Gimana solusinya pak, karena saya takutnya data Ijazah S1 nya nanti jga akan berbeda…

    Mohon pencerahannya Pak…

  77. Assalamualaikum wr.wb. Saya ingin bertanya.
    Apakah bisa mengubah nama di ijazah sd,smp, dan sma ? Soalnya nama di ijazah saya berbeda dengan ktp.
    Mohon balasannya ya gan.

  78. Bagaimana jika di ijazah anak berbeda nama ayah di karenakan ayah yang pertama sudah pisah atau cerai lalu ibunya menikah lagi.
    misalkan di ijazah SD nama ayah nya sulaeman, di ijazah SMP nama ayah nya ibrahim. Bagaimana menurut pandangan hukum atau negara tentang perbedaan nama tersebut di ijazah? Mohon jawaban nya. Terimakasih

  79. Selamat malam bpak/ibu ..saya mau minta solusi. Nama orang tua saya di surat nikah orang tua saya dengan akta kelahiran saya dan adik saya tidak sama. Misal di akta lahir saya nama bpak sya sukirman dan di akta lahir adik saya sukirno . Gimana solusi memperbaikinya .. terima kasih

  80. selamat pagii.. mohon bantuan nya..
    saya pny paspor & akte lahir atas nama valentina nilam
    sedangkan kk, ktp, ijazah, sim atas nama valentine nilam.
    Lebih baik ubah yg mana ya? akte dan paspor kah? apakah proses nya lama dan sulit?
    terima kasih

  81. Saya mau bertanya mengenai penulisan nama orang tua di izajah tidak sama dengan yang di akte kelahiran gimana solusinya???

  82. Assalamualaikum
    Selamat siang
    Mohon bantuannya
    Bagaimana jika nama dari orang tua saya berbeda dengan nama kk, ijasah smp, dan akta kelahiran? Dulu waktu saya kecil saya tinggal rumah kakek dan nenek saya. Pada saat bikin kk, kake saya menyebut nama saya Sipah Uliah
    Nama asli : Syifa Aulia
    Nama kk : Sipah Uliah
    Nama akte : Sipah Uliah
    Nama ijasah smp : Sipah uliah

    Apakah bisa diganti semua itu? Karena banyak yg menanyakan hal tersebut.

  83. Selamat siang, mohon bantuannya,,
    Tanggal dan tahun lahir saya di akte, KK dan ijazah berbeda
    Akte : 22 Juni 1994
    KK : 22 Juni 1995
    Dan
    Ijazah sd-SMA : 23 Juni 1995
    Sedangkan tgl lahir d ktp sama dengan di KK,
    Saya baru menyadari perbedaan itu pada saat saya ingin mengumpulkan berkas untuk syarat sidang skripsi.
    Saya ingin menyesuaikan tgl dan tahun lahir sama seperti di ijazah karena pada kenyataannya saya dilahrkan pada tgl 23 Juni 1995, apakah bisa?
    Mohon penjelasannya

  84. Assalamualaikum ..
    Mohon bantuannya buk/pak

    Bagaimana solusi jika nama ayah saya di akte , kk , ijazah tidak sama .

    Akte : moh.hafid
    Kk : moch.hafid
    Ijazah:moh.hafid
    Bagaimana solusinya pak/buk apa saya harus merubah nama bapak saya mengikuti ijazah? Sedangkan jika saya ubah akan berdampak juga ke adik adik saya untuk nama bapak saya juga mohon solusinya .. dikarenkan saya selalu ditolak mengurus berbagai haal gara2 problem tersebut . Saya ingin mengurus ktp selalu ditolak .. saya ingin bekerja tidak ingin jadi penggangurann ! Mohon solusinya sayaaaa mohon

  85. Mau tanya,
    Kalau saya ktp,ijazah Sd-kuliah sama kelahiran 1992
    Tapi akta saya 1991
    Bagaimana cara mengurusnya.
    Dan apa syaratnya ? Trimakasih

  86. Nama di ijazah,ktp,kk sampai buku nikah Anastasya
    Tp di akte saja anastasia..hanya berberda huruf i dan Y ..apakah harus di perbaharui jg mengingat saya mau buat paspor

  87. Mohon share,mohon bantu yah,sya mau merubah nama akte anak sya,yg s’harusnya ARFADZ ADZHUAR,lalu buat akte melalui RT mka’a salah menjadi ARFADZ QDHUAR,wlwpun hanya 1 huruf yg salah A hd Q,to sya harus tetep perbaiki buat anak sya sekolah nanti,stlh sy tnya2 k RT jg Krn sy mw buat kk baru jg,akhir’a mm anak sy d kk jg ikut salah Krn harus ikuti akte,prtnyaan’a,gmn solusi ganti nama akte ank sy menjadi ARFADZ ADZHUAR yg benar,apa sy harus mengikuti sidang ??? Klwpun sidang apa proses’a ribet dan memakan biaya banyak tdk,mohon d jwb.trimksi.

  88. I have noticed you don’t monetize your page, don’t waste your traffic, you can earn additional cash every month because you’ve
    got high quality content. If you want to know how to make
    extra money, search for: Boorfe’s tips best adsense alternative

  89. Selamat sore, mohon bantuannya.

    Saya memiliki tanggal kelahiran yang berbeda pada akte, ktp, ijazah dan kartu keluarga saya.

    Akte : 27 juni 1995
    Ktp : 27 juli 1995
    Ijazah SD : 27 juli 1995
    Ijazah SMP : 27 juli 1995
    Ijazah SMK : 27 juli 1995
    Kartu Keluarga : 27 juli 1995

    Yang semestinya 27 Juni 1995. Saya berniat ingin mengubah ktp, kartu keluarga dan ijazah saya agar sesuai dengan akte kelahiran saya. Karena jika saya mengubah akte saya itu tidak diperbolehkan oleh pihak yang berwajib.

    Langkah apa yang harus saya lakukan, agar tanggal lahir di ktp , ijazah dan kartu keluarga saya dapat berubah sesuai yang sebenarnya yang tertulis pada akte kelahiran saya.

    Terimakasih

    Diajukan oleh : Karla Ristia Perdana

  90. selamat Pagi
    mohon bantuan nya
    saya punya paspor lama tp tandatangan nya berbeda sama eKTP yg sekarang trus kira2 kalo saya bikin paspor batu tandatangan nya ikut paspor lama apa eKTP yg sekarang

  91. Ijazah sd : inda okaria
    Ijazah smp :inda okaria
    Ijazah sma inda okaria
    Kuliah inda oktaria
    Kk. Ktp, akte :indah okaria

    Saya ingin merubah data yg salah menjadi Inda okaria semua
    Bagaimana solusinya
    Mohon di bls

  92. Permisi mau tanya.
    Saya mau ganti nama. Nasib di ijazah s1 gimana ya? Bisa di ubah juga gak? Kalo bisa di ubahnya di pengadilan atau ke universitas?

  93. Nama di akte dan di ijasah saya berbeda dengan ktp dan surat nikah.alasan saya menggantinya karena nama saya kurang berkenan…di akte dan ijasah saya nama saya DERITA PRIHATNI kemudian saya ganti dengan DITA PRIHATNI waktu pas mau menikah..bagaimana solusinya supaya tidak menimbulkan masalah..sementara nama adalah doa…saya tidak pingin menderita seumur hidup saya..terima kasih

  94. Selamat pagi, mohon pencerahannya Admin
    Sy punya masalah dg nama ayah, nama ayah di ijazah dr SD sampe SMA adalah asma pawira sedangkan di akte , surat nikah dan dokumen lain adalah asmo pawiro. Saya bermaksud untuk mengubah salah satunya agar bisa sama semua. Bagaimana sebaiknya, mana yg harus sy ubah dan bagaimana caranya?
    Tq

  95. Selamat siang, saya ingin bertanya cara mengubah nama, di kk, akte, sim, ktp, ijazah, nama saya Kristianus Yakob. Saya ingin mengubah menjadi Christians Yakop.

  96. mohon info nya dong. cara ganti nama di ijazah.
    saya harus ngurus dri mana dan kemana, serta kelengkapan documen apa saja yg hrs saya siapkan?

  97. Selamat sore,saya ingin bertanya apakah saya harus sertakan marga suami menurut ktp dalam membuat surat lamaran ataukah harus sesuai ijazah

  98. Sy mao menambahkan nama
    1.di ijazah nama sy La’in
    2.di Akte nama sy La’in
    3.Di KTP. KK dan Buku Nikah La’in Abdul Rosyid
    Langkah apa yg bisa menguatkan di ijazah dan di akte kelahiran agar bisa di perpanjang menjadi nama La’in Abdul Rosyid

  99. Selamat pagi
    Mohon bantuannya kak
    nama saya dan nama bapak saya berbeda di akte ,kk ,ktp dan ijazah sd-smk.
    Dulu waktu saya mau benerin nama saya data nama ayah harus disamakan dengan data orangtua sedangkan orang tua saya tidak mempunyai akte maupun ijazah yg ad hanya

    Surat nikah bapak:
    Kasijan

    Akte:
    Lilik sugiarti
    06 desember 1999
    Kasiyanto

    Kk :
    Kasiyanto
    Lilik sugiharti
    10 desember 1999

    Ktp:
    Lilik sugiharti
    10 desember 1999

    Ijazah sd-smk :
    Lilik sugiharti
    10 desember 1999

  100. Pagi ,Izin bertanya :

    Nama akte lahir : alex wijaya
    Ijazah : alex wijaya
    Setelah nikah nama saya dirubah tanpa sepengetahuan saya menjadi alex muhammad aripin.
    Jadi data saya sekarang ini
    Akte lahir : alex wijaya
    Ijazah :alex wijaya
    Buku nikah : alex muhammad aripin.
    Ktp : alex muhammad aripin.
    Kk : alex muhammad aripin.

    Jadi solusi supaya bisa balik ke nama sesuai akte lahir (alex wijaya)gimana ya??
    Mohon solusi nya ya..trims

  101. Selamat mlm saya ingin bertanya…nama ayah saya diKK dan KTP berbeda dengan AKTE kelahiran dan ijasah saya. Bagaimana cara nya agar akte dan ijasah saya legal sesuai dengan nama ayah saya yg ada dKTP wlpun dengan nama yang berbeda

  102. Assalamualikum ,hallo tolong dong yg barangkali ada yg bisa kasih solusi ,, ada kesalahan penulisan nma ortu di akta kelahiran saya sehingga menyebab kan ijasah SD sy pun salah juga, yg harus nya somari ditulis jd samini ,, tapi di akta sdh sya benahi skrng mnjdi somari , lalu pertanyaanya bagaimna cara membenahi nama ortu Ijasah SD yg salah ? Karna ini mau digunakan untuk mnamai Ijasah Smp yg harus nya mencontoh ijasah SD ,, trimakasih jazakumulloh , mohon bantuannya 😢😢 wasslam.

  103. Mohon bantuannya di ijasah TK Sampai SMA tanggal lahir saya salah. Gimana caranya untuk memperbaikinya. Saya mohon penjelasannya

  104. Nama:fajar diningrat
    Akte. : fajar dingrat
    kk. :fajar diningrat
    Saya ingin berganti nama ijasah,sd,smp, sekarang saya masih sekolah smk, kenapa saya ingin berga, nti nama? karena saya suka di ledek sama guru, nama diningrat kok telat bayarnyah😭, kalau telat bayar spp, dan bayar perpisahan, malu dengan nama ini karena saya hanya orang sederhana, dan tidak punya apa-apa
    Saya pengen solusi agar bisa mengganti nama?

  105. Saya mau bertanya, akte kelahiran dan ijazah saya dr SD smpe SMK nama orang tua saya Pardi, tapi sekarang bapak saya buat e-ktp jadi Supardi. Mohon bantuannya ini bagaimana ya solusinya ? Karena saya harus mengurus berkas untuk mengajukan nikah dengan seorang anggota TNI

  106. Saudara saya punya nama Desi Herwansyah di akte, KTP , dan ijazah nya
    Bisakah dia mengganti nama nya dengan yg lain ?
    Mohon jawabannya

  107. Assalamu’alaikum,saya izin bertanya.
    ijazah saya dari SD sd Sarjana S1dg nama Mahfudz,26-01-1961.
    Dokumen saya seluruhnya (KTP,KK,AKTE KELAHIRAN,Akte Yayasan, Sartifikat rumah,) dst bernama Mahfudz Amin,tgl 26-011962.
    Pertnyaan saya : bisakah nama di ijazah,diubah menjadi Mahfudz Amin,disesuaikan
    Mahfudz Amin,sesuai dg Akte kelahiran, KK, KTP.dst.???
    demikian tks atas jawabannya.

    wassalam,
    Mahfudz Amin.

  108. Siang, mohon bantuannya.

    Di KTP:
    Nama= sinta mestio
    Ttl= galap/ 3 mei 1994

    DI KK:
    nama= sinta mestio
    Ttl= galab/ 3 mei 1994
    Nama ortu= kamaruddin dan efi darmiza

    DI AKTE:
    nama= syinta mestio
    Ttl= koto gadang/ 3 mei 1994
    Nama ortu= kamarudin dan evi darmiza

    DI IJAZAH:
    nama= sinta mestio
    Ttl= koto gadang/ 3 mei 1994

    Semuanya berbeda. Banyak ejaan yang berbeda. Dari mana dulu saya harus memperbaiki agar semua data sama.
    Mohon sekali bantuannya.
    Terima kasih

  109. Saya mau bertanya bagaimana jika nama di ijazah SD berbeda dengan izajah smp dan sma.
    Sd : jelita manik
    Smp : jelita damanik
    Sma : jelita damanik
    KTP : jelita damanik
    Akte : jelita damanik
    Kk : jelita damanik
    Yg ijazah SD aja berbeda, bagaimana memperbaikinya. Tolong pencerahannya. Tx

  110. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Mohon bantuan nya,,

    Diakte : Nur Hidayatul Khairisa
    Di-KTP : Nur Hidayatul Khairisa
    Di-KK : Nur hidayatul Khairisa
    Diijazah SD-SMA : Nurhidayatul Khairisa

    Saya takut seandainya perbedaan nama ini berakibat fatal di kemudian hari,jika seandainya saya lulus kuliah dan mendaftar CPNS,

    Saya memohon bantuan dari Bapak/Ibu dalam masalah ini
    dan bagaimana cara memperbaikinya..
    Terima kasih..

  111. Saya mau bertanya, berkaitan beda nama di akte, ijazah dan KTP.
    di akte Lina Agustiana, di ijazah SD,SMP sama nama sy Lina Agustiana, tapi setelah SMA dan S1 nama di ijazah saya mjd Lina Agustina, mohon pencerahannya prosedur pengubahannya bagaimana?

  112. mohon pencerahannya
    Ane ada mslh di tempat lahir,
    Ktp dn kk sama tmpt lahirnya sama tpi beda dengan di akte, apa masalah gan ?
    Trus, ijazah ane tmpt lahirnya yg SMP SMA S1 salah ketik satu hurus yg harusnya P malah R, ngikut semua sampe ijazah S1
    Tpi semua ijazah ini sama dengan akte tmpt lagirnya cuma typo satu huruf aja

    Informasinya gan, apa yg harus ane lakuin ? Yg di bnerin yg mana dlu

  113. Halo,saya mau bertanya..
    Saya mau bikin akta tapi ada kendala nama ayah saya di surat nikah beda dengan nama di ijasah saya, dan ayah saya sudah almarhum, apa yg harus saya lakukan,sedangkan nama ayah di surat nikah adalah nama telahan/nama panggilan di desa sewaktu msih hidup.

  114. Yg saya alami lain lagi nama orang tua di ijazah dari sd sampai sma berbede dgn di akte kelahiran…apa yg harus saya lakukan.
    .???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.