Jurusita Minta Biaya Tambahan untuk Panggilan Sidang

PERTANYAAN:

Berapa total biaya yang harus di keluarkan untuk mengurus gugat cerai? Saya telah membayar Rp.800.000,-  saat memasukan surat gugatan. Dan saat menerima surat panggilan sidang di haruskan membayar Rp.50.000,- tanpa ada kuitansi. Apakah biaya pemanggilan tidak termasuk dalam Rp.800.000,- yang telah saya bayar pertama?

Diajukan oleh: Maesaro.

JAWABAN:

Biaya panjar gugat cerai di Pengadilan sangat bervariatif tergantung dari domisili para pihak dan jenis perkaranya. Untuk lebih jelasnya besarannya secara jelas, saudara bisa melihat website Pengadilan dimana saudara mengajukan gugatan.

Mengenai biaya 50 ribu yang diminta pada saat penyerahan surat panggilan, itu tidak dibenarkan. Karena panjar biaya perkara tersebut sudah termasuk perkiraan biaya panggilan sampai sidang selesai. Seandainya pun kurang, harus dibayarkan di Pengadilan melalui kasir melalui prosedur yang benar. Rincian panjar perkara yang terdapat pada halaman terakhir putusan biasanya mencakup:

  1. Pendaftaran;
  2. Biaya Proses;
  3. Biaya Panggilan Sidang (relaas);
  4. Materai;
  5. Redaksi.

Jadi saudara bisa datang ke pengadilan tempat Anda mengajukan gugatan (tempat jurusita tersebut bekerja) untuk mengadukan kepada petugas Meja Informasi atau Pengaduan. Di sana Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengaduan yang selanjutnya akan ditindak lanjuti sesuai dengan prosedur yang berlaku. Saudara juga dapat melaporkan kepada Pengadilan Tinggi jika aduan saudara tidak ditindak lanjuti.

Semoga membantu.

Admin.

One comment to “Jurusita Minta Biaya Tambahan untuk Panggilan Sidang”
  1. Selamat sore nama saya Udin (34) saya di gugat/tergugat yang di lakukan oleh pihak istri,sedangkan saya tidak menginginkan perceraian ini,dan gugatan ini merupakan upaya dari mertua.dan kondisi istri dalam keadaan hamil.pertanyaan saya :
    1.apakah gugatan yg di lakukan istri ini bisa di gagalkan oleh pihak PA?
    2.Apa yang harus saya lakukan supaya gugatan ini batal?
    Terima kasih atas jawaban nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.