Gugat Perdata atas Pekerjaan yang tidak Dibayar

PERTANYAAN:

Saya mengerjakan pekerjaan kontraktor dalam hal ini sebagai SubKon. Dalam perjanjian setelah saya menyelesaikan pekerjaan pihak Kontraktor, saya akan menerima pembayaran atas pekerjaan tersebut. Namun setelah selesai Kontraktor tersebur tidak membayar kepada saya. Dalam hal ini saya ingin menuntut hak-hak saya. Bagaimana saya harus menggugat secara hukum? Terima kasih.

Diajukan oleh: Topan.

JAWABAN:

Saudara Topan Yth,

Sebaiknya Saudara membicarakan perihal pembayaran proyek tersebut terlebih dahulu kepada pihak kontraktor. Karena memproses melalui jalur hukum pasti jauh lebih lama dan biaya mahal sekalipun salah satu asas peradilan adalah biaya murah.
Namun jika Saudara sudah melakukan upaya tersebut, dan tidak ada iktikad baik dari pihak kontraktor untuk membayar dan ingin menempuh jalur hukum, silahkan datang ke Pengadilan Negeri setempat di mana kontraktor berdomisili dengan membawa surat gugatan wanprestasi. Artinya bahwa pihak kontraktor tidak memenuhi prestasi yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Hal-hal yang perlu disiapkan untuk melakukan gugat perdata atas kasus Saudara minimal adalah sebagai berikut:

  1. Surat perjanjian kontrak pengerjaan proyek oleh Saudara sebagai Subkon.
  2. Alat bukti yang membuktikan bahwa Saudara sebagai SubKon telah menyelesaikan proyek seperti yang telah disepakati.
  3. Bahwa Saudara telah mencoba melakukan penyelesaian secara kekeluargaan, seperti telah mengirim surat teguran atas pembayaran penyelesaian proyek.
  4. Saksi-saksi yang menyaksikan dan dapat menguatkan gugatan saudara mengenai penandatanganan kontrak, penyelesaian proyek, dan saksi relevan lainnya.
  5. Mencari informasi tentang properti perusahaan Kontraktor yang dapat disita (conservatoir beslag) untuk menjamin putusan Saudara dapat dijalankan/dieksekusi.

Jika Anda merasa tidak mampu dan tidak memiliki waktu, ada baiknya menggunakan jasa Advocat untuk membantu Saudara dalam berperkara. Karena Saudara perlu membuat surat gugatan yang baik dan benar sesuai hukum acara. Karena jika salah maka gugatan Saudara bisa di NO (niet ontvankelijk verklaard) atau tidak dapat diterima. Demikian penjelasan dari kami, semoga membantu.

Warm Regards,

Admin

3 comments to “Gugat Perdata atas Pekerjaan yang tidak Dibayar”
  1. Sy mengerjakan renovasi dan pembersihan kolam limbah pabrik kelapa sawit.dimana kontrak kerja saya dicantumkan siestem pembayaran dgn ketentuan progress kerja 1,2 dst. Bertepatan saya juga ada kontrak untuk pengambilan minyak kotor atau limbah pabrik tsbt di dalam kolam yang saya kerjakan. Namun untuk hal pengambilan minyak kotor tsb. Pihak pabrik telah mengetahui bahwa yang bertindak untuk pengambilan minyak tsb adalah pihak ketiga dan pembayaran untuk pembelian limbah tsb pihak ketiga membayar lgsg kepada pihak pertama.
    Yang jadi permasalahannya sekarang adalah. Pihak ketiga tsb blm mengangkat atau mengambil minyak tsb dari kolam limbah. Sehingga menghambat pekerjaan saya utk hal pembersihan kolam limbah tsb, dimana kami berinisiatif untuk mengerjakan pekerjaan renovasi kolam tsb dahulu, dengan demikian untuk pengerjaan pembersihan kolam tsb tidak dapat kami lakukan.
    Apabila kami lakukan pekerjaan pembersihan akan merugikan pihak pertama atau pabrik dimana di dalam kolam limbah tsb ada minyak yang msh ada nilai ekonomi nya atau msh berharga.

    Dengan itu kami memohon kepada pihak pertama agar kami membuatkan berita acara utk menarik progress kerja beserta invoice tagihan. Dan hal tsb disetujui oleh pihak pertama. Namun sampai sekarang kami tidak dibayarkan,dengan alasan bahwasannya kontrak kerja kami tidak hanya renovasi kolam tetapi juga pembersihan kolam. Hal itu sdh kami sampaikan alasannya mengapa kami tidak dpat mengerjakan pembersihan kolam, namun sptnya pihak pertama tidk mau membuka diri.

    Yang saya ingin tnyakan, apakah kami berhak menuntut pembyaran progres kerja kmi. Wlaupun blm sesuai dengan kontrk kerja. Nmun hl tssb bukan krn kmi tidak ingin mengerjakan sesuai kontrak kerja namun krena adanya halangan.
    Dan nilai pengerjaan penimbunan dan renovasi kolam lbh besar dari pembersihn kolam limbh tsb.

  2. Sama dengan pekerjaan sy yg tidak dibayar, sy sudah laporan sampe ke polres tp tidak ada tanggapan mungkin karena uang juga sedangkan sy disini adalah korban. Jd sy harus menyelesaikan masalah ini kemana ya. Kejadiannya sama persis seperti pa topan. Sy sempat memakai jasa advokat tetep uang yg keluar tp permasalahan tidak ada perkembangannya. Baiknya sy hrus bagaimana ya pak. Tks

  3. Mooon pencerahannya…
    Kronologis :
    Teknisi freeland dalam proses pengangkatan karyawan.
    Didalam proses tersebut saya disuruh mengerjakan pekerjaan instalasi listrik dan jaringan, Os dan aplikasi..
    Karena sudah biasa dan pernah melakukan kontrak tersebut, mereka tahu harga jasa saya..jadi saya anggap pekerjaan tersebut adalah seperti lalu..tanpa ada perjanjian kesepakatan dimuka.
    untukmempercepat pekerjaan saya minta uang muka dan diberikan dengan amarah.
    Setelahh selesai pekerjaan sudah setahhun ini belum juga sisa dibayar, dan tagihan suda disampaikan.
    Tidak dibayar alasan mereka karena saya karyawan, padahal pekerjaan tersebut dikerjakan diluar jam kerja.
    Apakah saya bisa menuntu secara hukum ?
    Trim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.