Apakah Menghina via SMS adalah Pencemaran Nama Baik?

PERTANYAAN:

Mohon Petunjuk.

Kasus ini menimpa anak saya A dan saya ikut terlibat. Berawal dari menantu saya (suami A) yang mengirim SMS kepada anak saya yang bernama S (kakak A) yang berisi kelakuan buruk seorang wanita (AI) yang nota bene AI adalah teman anak saya yang bernama A. Tidak tahu bagiamana AI tahu perihal SMS tersebut dan meminta kepada saya untuk mengirimkan SMS tersebut.

Akhirnya saya minta kepada S untuk mengirim SMS tersebut kepada saya dan tanpa membaca dengan teliti saya teruskan (forward) kepada AI. Setelah membaca SMS tersebut, AI tidak terima dan berdasarkan SMS tersebut AI mengadukan kepada polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah SMS kepada seseorang dapat dijadikan delik pidana pencemaran nama baik di muka umum?
  2. Apa yang harus kami lakukan? Mohon sarannya.

Terima Kasih.

Diajukan oleh: E. Saifuddin.

JAWABAN:

Saudara E. Saifuddin Yth,

Melakukan penghinaan baik secara lisan ataupun tertulis dengan maksud untuk mencemarkan nama baik seseorang jelas telah perbuatan melawan hukum. Adapun pasal yang dapat dikenakan kepada tersangka adalah sebagai berikut:

Pasal 310 KUH Pidana
(1) Barangsiapa sengaja merusak kehormatan atau nama baik seseorang dengan jalan menuduh dia melakukan sesuatu perbuatan dengan maksud yang nyata akan tersiarnya tuduhan itu, dihukum karena menista, dengan hukuman penjara selama-lamanya sembilan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 4.500,-“

Sementara itu, kaitannya penggunaan alat elektronik dalam melakukan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik diatur dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pasal 27 ayat (3)
“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Pasal 45 UU ITE
(1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Jika melihat duduk perkara kasus yang saudara ceritakan di atas, maka unsur-unsur tindak pidana pencemaran nama baik atau penghinaan yaitu:

  1. Menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal;
  2. Adanya kesengajaan;
  3. Adanya kerugian dari korban;
  4. Secara lisan atau tertulis;
  5. Maksud untuk diketahui umum;

telah terpenuhi semua. Sehingga jika diproses melalui jalur hukum, maka tersangka dapat diancam dengan pidana sebagaimana disebutkan pasal 45 UU ITE dengan pidana penjara paling lama enam tahun.

Lalu upaya apa yang dapat dilakukan? Pertama dan yang sulit untuk dilakukan adalah menangkis semua tuduhan yang telah dilaporkan oleh korban (AI). Saya katakan sulit karena bukti elektronik dan saksi sudah dikantongi oleh korban. Kedua namun lebih mudah adalah meminta maaf kepada korban dan memohon kepada korban agar mencabut semua laporannya.

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami sampaikan, semoga membantu.

Warm Regards,

Admin.

12 comments to “Apakah Menghina via SMS adalah Pencemaran Nama Baik?”
  1. Tetangga saya punya masalah namanya si A ia difitnah oleh iparnya sendiri si C setelah diobati orang pintar, si C sakit karena diguna gunai sama si A, dan pada saat si C diobati salah satu dari teman si C merekam melalui hp kemudian memperlihatkan vidio tersebut kepada si A, sehingga si A merasa keberatan, mohon petunjuknya…

  2. sy punya pertnyaan mengenai pencemaran nama baik sy. ceritanya spt ini: si A melihat seorang wanita masuk k hotel bersama lelaki lain, dan si A langsung sms k si B temannya bahwa dia melihat sy masuk k kamar hotel dgn lelaki lain. lalu setelah itu si C istri sr si B ini menyebarkn bahasa sma trsebut k org lain yaitu si D. smentara setelah d konfirmasi d ktr polisi sy dan si A ketemu muka bhwa kejadian yg dy lihat itu pada hari minggu skitar jam 10 atw 11 pagi sy sdng d rmh bersama anak dan suami sy. dan sy pun tdk merasa prnh ktmu dgn siA ini slma hampir setahun ini. apakh kasus ini bsa tetap berlanjut d proses hukum? jika bsa d prosea hukum mka di kenakan pasal brpakh mereka ini?

  3. Ada teman sy dilaporkan ke polisi masalah utang piutang,dia pinjam barang ditoko sembako senilai sekitar 15 juta Dan sdh dibayar 5 juta tp tiba2 usahanya macet Dan yg punya barang mendesak untuk segera dilunasi tp teman saya ini sdh buat perjanjian tertulis akan membayar sisa utang tsb tp tp sampai tempo d surat perjajian tsb tmn saya ini blm bs byr utangnya Dan pemilik toko tersebut melaporkan tmn saya ini ke polisi Dan sdh d BAP sebagai saksi Dan tmn sy ini msg trs berusaha Cari uang untuk selasaikan utangnya Dan kabar terbaru Ada pihak dr kepolisian yg datang ke rumah tmn sy Ini untuk menjadikan istrinya sbg jaminan atau pengganti suaminya untuk d proses hukum yg saya Mau tanyakan bagaimana dasar hukumnya dgn masalah yg dis hadapi teman saya Ini

  4. Maaf sebelumnya saya mau brtnya ..
    Sya pny mslh dgn pcr kk sesepu sya iaa itu mslah utang piutang ..
    Dan sya sdh menagih dgn cara baik² ..
    Tpi tidak pernh balasan , d tlpon pun tidak d angkat
    .
    Dan sya sms dia si B dgn kt² “jing byr utang lo jgn kyk bintang ,, sdh brp bln ini , yg w tau lo yg ambil brg² jd lo lunasin klo gag org tua lo yg lunasin, dsr benalu ..

    Dan si B mnjawab ” iya lonte bsk sore w ksh kyk anjing kyk lo ”

    Apakah sya dpt melaporkan dia dlm psl pencemaran nama baik .
    Mohon jwbnnya ..

  5. Sya mau tanya..mohon bantuannya
    Istri sya pernah sms an dg tman wanita sekntor dg saya..krna istri saya mengetahui saya ada hubungan dg dia tmen wanita satu kntor saya yg beberapa isinya blasan sms dr dia sperti ini
    “Wanita seperti kamu di tinggal suamimu bisa-bisa mbambung ( gelandangan )”
    Mohon jwaban apakah sperti itu bisa di laporkan.,aduan atau delik?
    Terimakasih

  6. Slmt pagi Admin.
    Sy saat ini sedang mengajukan proses pengklasan Serfifikat kapal ke Biro Klasifikasi Indonsia ( BKI ), tetapi ada kendala masalah ukuran/ spesifikasi tidak cocok dgn speksifikasi kapal aslinya dan mengakibatkan penerbitan Sertifikat BKI tertunda penerbitannya.
    Permasalahannya disini Sy dikatakan sebagai PENIPU, PEMBOHONG, ANJING, OMONG-BESAR via SMS oleh pihak yg meminta tolong kpd Sy dengan alasan Sertifikat belum selesai. Apakah ini dapat dikatagori penghinaan,,,??.
    Atas informasinya Sy ucapkan bnyk trm ksh.

  7. Saya mau tanya.
    saya pernah blanja di online shop. Setelah melakukan tranfer , saya bertanya kapan akan dikirim dan kpn saya dapat resi. Awalnya dia bilang akan di kirim besok dan lusanya di kasih resi. Tiap hari saya tanya jawaban yg sama yg saya dapatkan yaitu besok di kirim, kadang di jawab uda di kirim, resi nya uda di tangan agen, resi sedang di ketik jne. Tp sampai 10 hari saya belum dapat kepastian tanggal brp paket saya di kirim. klo tidak jelas saya minta balik uang saja, tetapi dia mengatakan tidak bisa, yg ada uang hangus. dia bilang lg klo sudah di kirim tapi resi tidak di kasih. Malahan di bilang kami tidak akan layanin dan tidak akan di ksh resi klo nanya2 trs alias klo banyak ngomong. Ahirnya saya jengkel karna tidak ada kepastian. Lalu saya posting di fb klo dia penipu. Begitu saya posting dia langsung kasih resi paket saya, dan setelah saya cek ternyata paketnya baru di kirim tgl 29 jam 11 pagi. Padahal sebelumnya dia mengatakan udah di kirim dari tanggal 20.
    Mohon pendapatnya

  8. Kalau yang di laporkannya suami A. Dia harus punya bukti sms dari A. SMS adalah bukti Sah dipengadilan. Namun sms itu harus asli bukan forward. Karena tidak dapat dibuktikan nantinya. Nah suami A bisa menghilangkan alat bukti yaitu handphonenya (dibakar).

  9. Pingback: Divine Life » Undang-Undang ITE Part 2: Apakah Menghina via SMS adalah Pencemaran Nama Baik?

  10. istri saya mempunyai hutang kepada bank harian dan karna ada urusan yg lebih penting maka istri saya tidak bisa membayar selama 5 hari namun disaat kami pergi orang bank tsb datang dan membuka pintu rumah kami yg tidak terkunci sambil melongo ke dalam rumah seakan akan ada yg dicari padahal kami sudah memberi pesan ke kakak sy yg rumahnya dempet dengan saya bahwa jika ada yg mencari bilang saja yg punya rumah sedang pergi dan malam harinya oknum bank harian tsb mengirim pesan lewat sms ke istri saya dengan mengatakan kata2 goblok kepada istri saya maka itu sy ingin bertanya apakah hal tersebut bisa dikatakan melanggar hukum dan bisakah jika dilaporkan ke pihak yg berwajib seperti polisi

  11. Saya kerja disebuah perushaan pembiayaan, saya sebagai bagian piutang.
    Saya mau konsultasi masalah konsumen,,sebut saja si A
    Awal nya
    Si A membrikan informasi kalau angsurang masuk sdh ke 10
    Lalu saya cek berkali2 dengan bukti2 pembayaran dia hanya ada 9
    Beberapa hari lg sy hub si A menyakan pemabyaran mau dibyrkan kapan, saya wa baik2,, tp malah jawabnya nyolot,,,
    Saya beri peringatan kpd si A klo sekiranya sudah tdk mampu byr lebih baik menyerahkan unit dan masalah selisih angsuran si A sy mnt untuk dtg ke kantor untuk menyelesaikan masalah yg infonya selisih 1 angsuran
    Lalu si A jawab saya lg di jakarta
    Dan lalu nomor saya diblokir
    Selang beberapa menit saya sms si A
    Ibu kenapa nomor saya di blokie, pdhal sayaiay baik untuk meluruskan masalah tp klo ibu tdk mau di banti tdk apa2, ini ibu sdh tunggakan ke 3 bulan dan denda sudah banyak bu,dan sy tdk bisa pastikan unit msh aman bu (sekilas peringatan agar si A dtg ke kantor dan membayar angsuran sesuai tunggakan)
    Lalu dijawabnya smsnya begini

    1.Lgian kmu wa trus menggangu krj saya pikir klu mau wa wktu y istrahat kaya gk punya otak aja

    2.Klu kmu berpendidikan liat jam dong wktu sms/wa itu jam brp orang istrahat bikin emosi aja kmu, sok saya gk takut tarik pling saya teriak maling

    3.Luh cuma kuli juga blagu sia komo mun sia bos tai sia luh muka kaya tai gtu jgn so luh,, muka kaya monyet luh

    4.Luh gk py otak emng uang nenek moyang luh yg luh pinjamin goblok

    5.Pikir pake otak gua pindah msih syukur gua bayar gak gua byr kabur dasar tolol luh gk usah krj di lising krj ngangon domba weh sia nyett

    6.Gua pinjam byr tolol pake bunga ya gk gratis walaupun denda mau brp pun bkn luh kan yg bayar?? Tetep aj gua yg bayar knp luh yg ribett

    7.Luh jg cm berkerudung usia muda juga tp kelakuan luh kaya lonte

    Apa dengan bukti sms dan kata2 sperti itu bisa langsung di proses?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.